Skip to content
Sianida Sinis – Relift Media

Sianida Sinis

“Aku ingin meredam ini setenang mungkin sampai aku tahu dengan pasti apakah ini pembunuhan atau bukan. Tentu saja, aku yakin, tapi aku ingin pasti.”



Kurt Rand, detektif swasta dari Forster, Rand, and Mc­Cormick Syndicate, sedang duduk tenteram di kantor­nya, tenang membaca satu eksemplar majalah detektif ter­baru. Dia menopangkan sepatu nomor sepuluhnya dalam posisi nyaman ke atas meja, dan sebatang cerutu hitam besar menonjol dari sela-sela bibirnya. Dia sudah berjam-jam dalam posisi itu, asyik dengan cerita “Murder by Proxy” yang sedang dibacanya. Lalu tiba-tiba dia lompat bergerak ketika telepon di mejanya berdengung riang.

“Yeah?” bentaknya ke gagang penerima. “Rand bicara.”

Orang di ujung lain berbicara dengan kalut.

“Cepat, Tn. Rand. Datanglah ke perkebunan keluarga Hoskin. Ayah tiriku dibunuh! Aku tak tahu siapa yang mela­kukannya atau bagaimana caranya, tapi tolong cepat datang!”

Rand menjawab akan datang, dan menaruh gagang pada kaitnya. Dengan hati-hati dia melipat suratkabar yang tadi dibacanya, menyelipkan pistol ke dalam sarung ketiak, dan bergegas meluncur dari kantor.




Rand tiba di perkebunan keluarga Hoskin beberapa saat kemudian, dan dipersilakan masuk ke kamar pak tua itu oleh Alf Huber, anak tiri Hoskin, yang sangat kalut. Dia meng­angkat kelopak mata mendiang, mengamati bola matanya dengan sungguh-sungguh, dan kemudian melangkah mun­dur. Lantas dia memeriksa kedua tangan dan leher mayat, mencari tanda-tanda kekerasan. Tak menemukannya, dia berbalik pada Huber, dan bertanya:

“Apa yang membuatmu percaya dia dibunuh? Kelihatan mati wajar bagiku.”

Huber meremas-remas tangan dengan cemas. “Aku yakin itu pembunuhan, Tn. Rand,” katanya. “Baru dua jam lalu ayahku sangat bersemangat. Bahkan, kami berencana pergi liburan besok; sudah menyiapkan segalanya untuk perjalan­an nanti.”

“Aku mengerti,” balas Rand. “Apa kau punya pendapat siapa yang ingin membunuh keluarga Hoskin? Apa dia punya musuh setahumu?”

Huber menggeleng. “Tidak, tidak ada setahuku. Tapi, tentu saja, dia mungkin punya banyak. Aku tak tahu terlalu banyak tentang urusannya di luar.”

“Sudahkah kau pertimbangkan segi bunuh diri?” tanya Rand, mencoba mencakup setiap segi. “Mungkinkah karena saham miliknya tidak berjalan begitu lancar, dan dia meng­ambil jalan keluar mudah?”

“Tidak!” seru Huber. “Dia akan jadi orang terakhir yang mencoba hal semacam itu. Dan bisnisnya sedang sangat lancar. Bahkan, dia meraup lebih dari sepuluh ribu baru tempo hari dari sebuah kesepakatan yang dia kerjakan. Aku yakin itu bukan bunuh diri—itu pembunuhan!”

Judul asli : Cyanide Cynic ()
Pengarang :
Penerbit : Relift Media, Januari 2022
Genre :
Kategori :

Unduh