Skip to content
Kekuatan Kata-kata – Relift Media

Kekuatan Kata-kata

Ah, bukan dalam pengetahuan terdapat kebahagiaan, tapi dalam memperoleh pengetahuan. Dalam mengetahui selamanya, kita diberkahi selamanya; tapi mengetahui segalanya adalah kutukan setan.


Oinos: Maaf, Agathos, ini kelemahan sebuah roh yang baru ditumbuhi keabadian!

Agathos: Kau tak mengatakan sesuatu, Oinos-ku, yang perlu dimaafkan. Bahkan di sini pun pengetahuan bukan soal intuisi. Adapun kebijaksanaan, mintalah pada para malaikat sebebasnya!

Oinos: Tapi dalam eksistensi ini, aku bermimpi aku akan langsung tahu segala hal, dan karenanya langsung bahagia dalam mengetahui segalanya.

Agathos: Ah, bukan dalam pengetahuan terdapat kebahagiaan, tapi dalam memperoleh pengetahuan. Dalam mengetahui selamanya, kita diberkahi selamanya; tapi mengetahui segalanya adalah kutukan setan.

Oinos: Tapi bukankah Yang Maha Tinggi tahu segalanya?

Agathos: Itu (karena Dia Yang Maha Bahagia) satu hal yang masih tidak diketahui bahkan oleh-Nya.

Oinos: Tapi, karena tiap jam kita bertambah pengetahuan, bukankah pada akhirnya segala hal pasti diketahui?

Agathos: Tengoklah jarak-jarak kedalaman tak terukur!—coba­lah tatap berjuta-juta pemandangan bintang, sembari kita mengarungi mereka pelan-pelan begini—dan begini—dan begini! Bahkan penglihatan batiniah, bukankah itu sepe­nuhnya tertahan oleh dinding-dinding semesta keemasan dan berketerusan?—dinding-dinding dari berpuluh-puluh ribu benda bersinar yang telah dicampur menjadi satu oleh angka belaka?

Oinos: Aku jelas-jelas merasa bahwa ketakterhinggaan materi bukanlah mimpi.

Agathos: Tidak ada mimpi di Aidenn—tapi di sini ada desas-desus bahwa, perihal ketakterhinggaan materi ini, tujuan satu-satunya adalah untuk mengadakan musim-musim semi tak terhingga, di mana jiwa akan berkurang dahaganya untuk tahu, yang selamanya tak terpuaskan—sebab memuaskannya akan sama dengan memadamkan diri jiwa tersebut. Jadi tanyai aku, Oinos-ku, sebebasnya dan tanpa rasa takut. Ayo! kita akan tinggalkan harmoni nyaring Pleiades ke sebelah kiri, dan menukik ke luar dari sing­gasana menuju padang rumput berbintang-bintang di luar Orion, di mana, sebagai ganti bunga-bunga pansy dan violet dan heart’s-ease, ada petak-petak matahari-matahari tiga rangkap dan tiga warna.

Oinos: Dan sekarang, Agathos, sambil kita lanjut, ajari aku!—bicaralah dalam nada familiar bumi. Aku tak paham apa yang baru kau isyaratkan soal mode-mode atau metode Penciptaan—begitulah kami biasa menyebutnya pada waktu kami fana. Apa kau bermaksud bilang bahwa Pencipta bukanlah Tuhan?

Judul asli : The Power of Words ()
Pengarang :
Penerbit : Relift Media, August 2020
Genre :
Kategori :

Unduh

  • Unduh

    Kekuatan Kata-kata

  • Unduh

    Kekuatan Kata-kata

  • Unduh

    Koleksi Sastra Klasik (2020)

No comments

Post a Comment