Skip to content
Hoaks Balon Udara – Relift Media

Hoaks Balon Udara

Sembilan jam terakhir adalah momen paling menggairahkan dalam hidupku. Aku tak bisa bayangkan ada yang lebih memuliakan dibanding bahaya dan terobosan aneh dari petualangan semacam ini. Semoga Tuhan mengaruniai kami kesuksesan!


[Berita Menghebohkan dari Express, via Norfolk!—Atlantik diseberangi dalam Tiga Hari! Sinyal Kemenangan Mesin Terbang Milik Tn. Monck Mason! Kedatangan Tn. Mason, Tn. Robert Holland, Tn. Henson, Tn. Harrison Ainsworth, dan empat lainnya di Sullivan’s Island, dekat Charleston, S.C., dalam Balon Kemudi, “Victo­ria”, usai perjalanan Tujuh Puluh Lima Jam dari Darat ke Darat! Fakta-fakta Lengkap Pelayaran tersebut!

Guyonan tambahan dengan judul pendahulu dalam huruf-huruf kapital indah, yang diselingi nada-nada kekaguman, sebetulnya pertama kali dipublikasikan dalam “New-York Sun”, sebuah suratkabar harian, dan di situ benar-benar turut menciptakan makanan yang sulit dicerna untuk para penggosip selama beberapa jam berselang antara dua antaran pos Charleston. Keramaian memperebutkan “satu-satunya suratkabar yang memuat berita ini” adalah sesuatu yang bahkan lebih dari luar biasa; dan memang, jika (seperti dinyatakan sebagian pihak) “Victoria” sama sekali tidak menyelesaikan pelayaran yang dicatat itu, akan sulit untuk menentukan alasan kenapa ia mesti belum menyelesaikannya.]

Masalah besar akhirnya terpecahkan! Udara, selain tanah dan laut, telah ditundukkan oleh sains, dan akan menjadi jalan raya umum dan nyaman untuk umat manusia. Atlantik sudah betul-betul diseberangi dengan Balon! dan ini tanpa kesulitan—tanpa bahaya besar—dengan kendali mesin secara penuh—dan dalam kurun waktu luar biasa singkat yaitu tujuh puluh lima jam dari pesisir ke pesisir! Dengan tenaga seorang agen di Charleston, S.C., kami menjadi orang pertama yang menyediakan untuk khalayak keterangan terperinci mengenai pelayaran paling luar biasa ini, yang dilaksanakan antara Sabtu, tanggal 6, pukul 11:00, dan Selasa, tanggal 9, pukul 14:00, oleh Sir Everard Bringhurst; Tn. Osborne, kepo­nakan dari Lord Bentinck; Tn. Monck Mason dan Tn. Robert Holland, dua aeronot kenamaan; Tn. Harrison Ainsworth, pengarang “Jack Sheppard”, dll.; dan Tn. Henson, pengusul proyek mesin terbang terdahulu yang tak berhasil—bersama dua bahariwan dari Woolwich—total delapan orang. Keterangan yang disediakan di bawah dapat diandalkan sebagai otentik dan akurat dalam segala hal, karena, dengan sedikit pengecualian, mereka disalin kata demi kata dari diari-diari gabungan Tn. Monck Mason dan Tn. Harrison Ainsworth; kepada sopan-santun mereka agen kami juga berutang budi atas banyak informasi lisan menyangkut balon itu sendiri, konstruksinya, dan soal-soal menarik lain. Satu-satunya perubahan pada manuskrip yang kami terima dilakukan dengan maksud menyusun keterangan tergesa-gesa dari agen kami, Tn. Forsyth, ke dalam bentuk serangkai dan dapat dimengerti.

Judul asli : The Balloon Hoax ()
Pengarang :
Penerbit : Relift Media, September 2020
Genre :
Kategori :

Unduh

  • Unduh

    Hoaks Balon Udara

  • Unduh

    Hoaks Balon Udara

  • Unduh

    Koleksi Sastra Klasik (2020)

No comments

Post a Comment