Skip to content
14 Hari di Kantor Propaganda Nazi – Relift Media

Bacaan non-fiksi politik 14 Hari di Kantor Propaganda Nazi

Kita hampir tidak bisa mempercayai apa yang sudah dibawa oleh fantasi-fantasi haus uang ke pasaran. Syukurlah, “warga-warga” seperti itu diminta penjelasannya oleh mata siaga para propagandis Sosialis Kebangsaan (Nazi).



Sebuah organisasi memiliki nilai bukan hanya ketika ia diorganisir dengan cerdas dan efektif, tapi juga ketika ia tetap lincah. Apa bagusnya laporan berkala dan daftar, arsip kartu dan statistik, ketika organisasi itu sendiri mengalami pengapuran dan menjadi lumpuh, ketika setiap cabang tidak tetap berhubungan dengan kesatuan? Hanya dari kelincahan dan kerjasamalah datang aksi mandiri dan bertanggung­jawab. Hanya organisasi hiduplah yang menjamin kesukses­an!

Kantor Propaganda Gau (Gaupropagandaleitung/GPL) di Württemberg adalah contoh sempurna dari fakta ini. Garis pedoman yang jelas mengorganisir setiap aksi propaganda. Tiap Kreis menerima pembicara yang dibutuhkannya, poster dan selebaran tepat waktu mencapai desa paling jauh. Pada gilirannya, para pemimpin politik Kreis, grup-grup lokal, dan grup-grup lingkungan memberitahu kantor pusat tentang kegiatan dan rencana mereka. Hubungan erat antara kantor-kantor pusat dan unit-unit bawah terpelihara dengan cara demikian. Dan GPL telah menemukan satu cara lain lagi untuk memelihara kontak erat. Para pemimpin propaganda Kreis menghabiskan masa sepuluh sampai empat belas hari dengan bekerja di kantor propaganda Gau, memberi mereka pengalaman langsung dengan pekerjaan sehari-hari kantor. Ini juga membangun hubungan personal antara Gau dan Kreis, yang bisa luar biasa bernilai, dalam artian orang-orang di garis depan politik jadi mengenal pemimpin propaganda Gau dan para stafnya. Mereka mempelajari praktek-praktek kerja kantor Gau dan bisa membawa pulang apa yang mereka pelajari dan menerapkannya pada Kreis mereka bila­mana cocok.

Dalam artikel ini aku akan hadirkan kesan-kesanku sendiri tentang kantor propaganda Gau. Sewaktu aku mulai bekerja, aku terkejut senang melihat betapa kecil kantornya. Kantor propaganda Gau memiliki tiga ruangan saja, dan ruang-ruang ini berperabot sederhana dan praktis.

Di ruang penerimaan, yang juga ruang kerja untuk ban­tuan sekretariat, tamu akan melihat sebuah lemari kaca besar. Itu berisi penghargaan dan poster, tapi juga menam­pilkan setiap gaya Kitsch nasional secara mengesankan. Kita hampir tidak bisa mempercayai apa yang sudah dibawa oleh fantasi-fantasi haus uang ke pasaran. Syukurlah, “warga-warga” seperti itu diminta penjelasannya oleh mata siaga para propagandis Sosialis Kebangsaan (Nazi). Tampilan itu menyediakan tontonan edukatif; mana tanda-tanda jasa dan barang-barang yang layak untuk bangsa Jerman, dan mana yang tidak.

Ruangan kedua ditempati Departemen Propaganda Aktif. Itu menangani sistem pertemuan, penunjukan pembicara, dan penyaluran poster dan pamflet. Itu juga menerima ren­cana dan laporan kegiatan dari kantor-kantor Kreis. Di bebe­rapa lemari kaca yang serasi, aku menemukan statistik pe­milu, rencana pemilu, dan laporan. Poster dan pamflet pe­milu dari semua pemilu nasional, provinsi, dan kota dari 1919 sampai 1939 disimpan. Lemari-lemari kaca lain berisi tulisan propaganda, brosur propaganda, dan koran propaganda dari NSDAP dan partai-partai Marxist dari masa perjuangan meraih kekuasaan. Ada sebuah arsip foto yang menarik secara khusus, foto-foto setiap pertemuan dan pertemuan massa di tahun-tahun perjuangan, selain foto-foto sejak perebutan kekuasaan. Untuk memudahkan tugas organi­sasional pemimpin departemen, arsip-arsip para pembicara Gau dan Kreis yang terawat cermat menjamin si pemimpin bisa mengirim orang yang tepat ke tempat yang tepat kapan saja.

Keputusan-keputusan kritis, rencana-rencana kampanye untuk aksi-aksi pertemuan, dan dokumen-dokumen untuk semua kegiatan propaganda signifikan disimpan di kantor pemimpin propaganda Gau. Dia dan para kolaborator terde­katnya di sini mengarahkan pers, film, dan radio Sosialis Kebangsaan.

Penerjemahan atas seizin Randall L. Bytwerk.

Judul asli : 14 Days in a Gau Propaganda Office
14 Tage Mitarbeit in einer Gaupropagandaleitung
()
Pengarang :
Penerbit : Relift Media, November 2022
Genre :
Kategori : ,

Unduh

  • Unduh

    14 Hari di Kantor Propaganda Nazi