Skip to content
Bahaya Membaca – Relift Media

Bahaya Membaca

Akibat membaca para pengarang barat yang sudah berurusan dengan penyakit-penyakit menular, dan cara mencegahnya, kita akan cukup sial untuk menjamin diri kita dari wabah, yang mana merupakan serangan dahsyat terhadap peraturan Allah.



Kami Yusuf-Chéribi, dengan rahmat Allah mufti Kekai­saran Utsmani Suci, cahaya di antara semua cahaya, yang terpilih di antara yang terpilih, kepada semua mukmin yang akan menerima pemberian ini, salam dungu dan ber­kah.

Sejak Said-Effendi, mantan duta Gerbang Tinggi untuk sebuah negara kecil bernama Frankrom, yang terletak antara Spanyol dan Italia, membawa pulang ke tengah-tengah kita manfaat jahat percetakan; maka, setelah berkonsultasi ter­kait bid’ah ini dengan saudara-saudara mulia para qadi dan imam kota imperial Istanbul, dan khususnya para fakir yang dikenal akan ghirah mereka melawan roh tersebut, tampak­nya baik bagi Muhammad dan bagi kita untuk menghukum, mengharamkan, mengutuk bid’ah percetakan jahanam ter­sebut, untuk sebab-sebab yang diutarakan di bawah ini.

1. Kemudahan menyampaikan pikiran seseorang ini jelas-jelas cenderung mengusir kejahilan, yang merupakan pe­lindung dan pengaman negara-negara yang terjaga ketertib­annya.

2. Dikhawatirkan, di antara buku-buku yang dibawa dari Barat, ada beberapa mengenai pertanian dan mengenai cara menyempurnakan seni mekanik yang dalam jangka panjang dapat, naudzubillah, membangunkan kejeniusan petani-pe­tani dan pabrikan-pabrikan kita, menggairahkan industri mereka, meningkatkan kekayaan mereka, dan mengilhami mereka suatu hari nanti dengan suatu peninggian jiwa, suatu kecintaan pada kebaikan khalayak, sentimen-sentimen yang sama sekali bertentangan dengan doktrin rasional.

3. Pada akhirnya, buku-buku sejarah kita akan bebas dari mukjizat-mukjizat yang menjaga bangsa ini tetap bahagia dalam kebodohan. Di dalam buku-buku itu kita akan me­nemukan kelancangan untuk membalas amal baik dan amal buruk, dan untuk menasehatkan keadilan dan cinta ibu per­tiwi, yang mana jelas-jelas bertentangan dengan hak-hak kedudukan kita.

4. Bisa jadi, di masa depan, filsuf-filsuf sengsara itu, di bawah dalih yang tampak bagus tapi dapat dihukum, yaitu dalih mencerahkan dan menjadikan orang-orang lebih baik, akan datang mengajari kita kebajikan-kebajikan berbahaya yang tak boleh rakyat ketahui.

Judul asli : De L’horrible Danger de la Lecture ()
Pengarang :
Penerbit : Relift Media, Mei 2022
Genre :
Kategori :

Unduh

  • Unduh

    Bahaya Membaca

  • Unduh

    Bahaya Membaca

  • Unduh

    Koleksi Sastra Klasik (2022)